Monday 4 August 2014

Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Kesehatan atau kebugaran tubuh adalah faktor pendukung utama manusia untuk menjalani aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, belajar, berjalan, dan kegiatan lainnya. Agar semua aktifitas berjalan lancar, kita perlu menjaga kesehatan dan kebugaran dari tubuh kita. Ketika kesetahan dan stamina tubuh berkurang, maka kita akan merasa kuang bertenaga dan paling parah ketika kita jatuh sakit.
Ketika jatuh sakit, manusia tak lagi dapat melakukan aktifitas dan kegiatan sehari-hari, dan tentu saja hal ini sangat tidak diinginkan. Oleh karena hal itu, menjaga kesehatan dan kebugaran sangat penting.
Kesehatan dan kebugaran dapat dipelihara dengan berbagai cara, seperti berolah raga, menjaga pola makan, tidur yang cukup, menjaga kebersihan, dan memperhatikan asupan gizi makanan. Kadang kita terlalu sibuk dalam menjalani aktifitas dan kegiatan sehari-hari sehingga kadang kita lupa untuk
merawat diri, menjaga performa dan stamina tubuh. Hal ini berakibat menurunnya stamina dan daya tahan tubuh, sehingga menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Ada banyak tips untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, penasaran? Berikut ulasannya.

  • Olahraga Secara Teratur
Semua orang pasti setuju jika olahraga dapat menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Jelas, semua orang yang mengerti tentang kesehatan tahu jika berolahraga secara teratur dapat menjaga kondisi tubuh. Jika jarang berolah raga, maka tubuh akan terasa kurang segar, peredaran darah kurang lancar, dan bahkan beberapa penyakit siap mengintai.

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan performa tubuh. Anda dapat memulainya dengan pemanasan di pagi hari dan kemudian dilanjutkan dengan jogging atau lari pagi. Dalam hal ini, Anda tak perlu memaksakan diri untuk jogging atau berlari dengan jarak yang jauh, tapi mulailah secara bertahap, misalpada hari pertama berlari mengelilingi taman kota sebanyak satu putaran dan pada hari kedua meningkat menjadi 1,5x putaran atau 2x putaran sesuai dengan kemampuan tubuh. Olahraga juga dapat membakar lemak sehingga baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, olah raga juga dapat memperlancar peredaran darah dan hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan dan kesegaran tubuh. 

Bagaimana berolahraga ketika musim hujan? Anda dapat berolahraga ringan di rumah, seperti sit up, push up atau yoga. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitnes center untuk berolahraga, lari di atas treadmil dan sebagainya. Setelah berolahraga, tubuh akan lebih segar dan siap menjalani aktifitas sehari-hari.
  • Asupan Makanan
Asupan makanan juga merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan. Tubuh memerlukan asupan gizi dari makanan untuk dapat menghasilkan tenaga dan stamina yang memenuhi kebutuhan. Asupan makanan sesuai dengan empat sehat lima sempurna sudah cukup untuk membuat stamina tubuh agar tetap prima. Konsumsi makanan yang berupa sayur dan buah-buahan, karena selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Sayuran juga mengandung zat gizi alami yang cukup banyak dan komplit. Selain kaya akan vitamin C dan A, sayuran hijau juga mengandung aneka macam mineral, sebut saja zat besi, kalsium, magnesium, dan juga fosfor. Selain itu, perbanyaklah minum air putih, meski sepele tapi sebenarnya cukup penting. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membuat tubuh terasa segar dan terhindar dari dehidrasi. Bagi yang menyukai susu sapi, minumlah tiappagi sebagai energi
untuk menjalani aktifitas. Selain memberikan energi yang cukup, susu juga mengandung vitamin dan mineral yang lengkap dan jika memungkinkan, pilihlah sus yang rendah lemak dan tinggi kalsium.
  • Biasakan Sarapan Pagi
Beberapa orang memang jarang atau bahkan sama sekali tidak sarapan ketika akan memulai aktifitas sehari-hari, padahal searapan sangat baik untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian terbaru, sarapan sangat baik untuk otak, sebaliknya jika tidak sarapan akan mengurangi kemampuan otak. Sarapan juga tak perlu banyak, sesuai dengan kebutuhan aja. Sarapan pagi dapat membuat kita lebih fokus dalam bekerja atau menjalani aktifitas dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan. Tak hanya itu, sarapan juga bisa disebut sebagai diet yang sehat.

Mereka yang sarapan tak akan makan dengan porsi yang berlebihan ketika makan siang. Sedangkan mereka yang tidak sarapan cenderung makan siang dengan porsi yang berlebihan. Ketika mengonsumsi makanan secara berlebihan, biasanya bukan menambah tenaga tapi malah menimbulkan efek mengantuk dan mengganggu aktifitas sehari-hari. Banyak orang yang beralasan terlalu sibuk atau tak sempat sarapan, hal ini sebaiknya dihindari. Bagi Anda yang memang benar-benar sibuk, bangunlah lebih pagi agar dapat sarapan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, kurangilah konsumsi makanan yang mengandung lemak karena akan meningkatkan berat badan dan berdampak buruk bagi kesehatan.
  • Tidur dan Istirahat yang Cukup
Setelah seharian bekerja, tubuh telah kehilangan banyak energi dan memerlukan istirahat yang cukup. Usahakan jangan tidur terlalu malam atau begadang jika memang tak ada hal yang harus dikerjakan. Tidur terlalu malam atau begadang tidak baik untuk badan, karena selain mengganggu metabolisme tubuh, tidur terlalu malam juga membuat tubuh rentan terkena penyakit. Tidurlah secara teratur dan idealnya, tidur selama 6 hingga 8 jam per hari. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan kembali bugar dan siap untuk menjalankan aktifitas di esok hari.

Selain mengistirahatkan badan, kita juga harus mengistirahatkan pikiran agar terhindar dari stress. Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika tidak dikelola dengan baik. Ketika sampai di rumah, usahakan lupakan beban kerja dan bebap pikiran yang ada dikantor. Hal ini bermanfaat agar pikiran kita dapat beristirahat dan dapat digunakan untuk bersenda gurau dengan keluarga atau mendengarkan musik aagar pikiran dan badan menjadi lebih rileks.
  • Hindari Rokok, Minuman Keras, dan Kurangi Junk Food
Bagi Anda yang bukan seorang perokok, Anda dapat menghindari oarang yang sedang merokok di sekitar. Seperti yang kita ketahui, perokok pasif memang mendapat dampak kesehatan yang tak kalah serius dengan perokok aktif. Bagi Anda perokok aktif, sebaiknya mengurangi kebiasaan merokok atau berhenti sama sekali. Seperti yang kita tahu, rokok memiliki berbagai dampak negatif bagi kesehatan.
Selain rokok, hindari juga minuman keras atau minuman beralkohol. Minuman beralkohol akan dapat membuat salah satu organ tubuh Anda, yaitu hati menjadi lemah dan membebani kerja hati. Alkohol juga sifatnya adiktif sehingga bisa membuat Anda memiliki beberapa masalah psikologis dan menyebabkan ketergantungan. Minuman keras juga diketahui dapat menyebabkan masalah ginjal dan organ tubuh lainnya. Jadi jangan biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Kadang, minuman beralkohol atau minuman keras menjadi pelarian ketika stress atau menghadapi masalah, hindari kebiasaan ini demi kesehatan. Selain rokok dan minuman beralkohol, juga hindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji ini tak hanya mengandung banyak sekali lemak dan kandungan gizi yang tak seimbang, tapi juga mengandung zat kimia yang merugikan kesehatan, seperti zat pewarna buatan, pemanis buatan, bahan pengawet, dan bahan tersebut tentunya tidak akan baik untuk kesehatan. Usahakan menghindari makanan cepat saji agar stamina dan kesehatan tubuh terjaga. Mie Instan juga sebaiknya dihindari, karena juga mengandung zat pengawet yang juga merugikan bagi kesehatan dan kebugaran dari tubuh kita.

No comments:

Post a Comment