Saturday 13 February 2016

Manfaat Berkebun Teh

Tanaman teh merupakan tanaman tahunan yang diberi nama seperti : Camellia theifera, Thea sinensis, Camellia thea dan Camellia sinensis. Tanaman teh terdiri dari banyak spesies yang tersebar di Asia Tenggara,  India, Cina Selatan, Laos Barat Laut, Muangthai Utara, dan Burma. Sistematika
tanaman teh terdiri dari :
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub Divisio : Angiospermae
Class : Dicotyledoneae
Ordo : Guttiferales
Famili : Theaceae
Genus : Camellia
Spesies : Camellia sinensis L.4 Budidaya dan Pasca Panen TEH
Varietas : Sinensis dan Asamika

Tanaman teh merupakan komoditi yang nilai bisnisnya sangat kecil. Namun dibaliknya kecilnya nilai bisnis tersebut terdapat manfaat besar yang di dalamnya, diantara:

  1. Menjadikan areal pegunungan menjadi lebih produktif. Tanaman teh merupakan tanaman tua yang cocok ditanam di daerah pegunungan karena cocok dengan suhunya. Selain itu teh juga dapat menjaga unsur alami dari tanah serta dapat mencegah erosi. Sehingga areal pegunungan yang biasanya identik dengan hutan, sekarang dapat dijadikan areal yang lebih produktif dengan ditanami teh, selain dapat menfaat teh itu sendiri, ekosistem hutan juga masih dapat terjaga dengan adanya tanaman teh.


  2. Tanaman teh dapat mengikat karbondoksida dan menghasilkan oksigen. Selain produkstif, teh juga dapat mengikat karbondioksida dan dapat menghasilkan oksigen. Tanaman teh dapat menjadi penyeimbang kegiatan pembangunan di kota-kota besar yang secara harfiah tidak ramah lingkungan serta banyak pencemaran.
  3. Minum teh dapat mengahmbat kanker. Daun teh mengandung tanin yang dapat menghasilkan antioksidan untuk pencegahan kangker. Selain itu teh juga dapat menghambat penuaan dini, semakin sering kita meminum teh, maka semakin awet muda. 
Dengan meminum segelas teh, sesugguhnya kita telah telah memberi penghidupan orang-orang pegunungan, menghasilkan oksigen, dan dapat meghambat kangker dalam tubuh kita.

#LetsDrinkTea
#LetsMakeGoodTea

No comments:

Post a Comment